Pages

Monday, August 26, 2019

Asam Kandis

Asam Kandis
Salah satu tumbuhan yang banyak terdapat di hutan Kalimantan, tumbuhan ini yang buahnya biasa di manfaatkan oleh banyak masyarakat untuk bumbu masak ternyata memiliki khasiat dan kegunaan lain terutama untuk kesehatan.
Untuk saat ini tumbuhan asam Kandis masih cukup mudah untuk di temukan jika kita mencari langsung di sekitar hutan yang ada di Kalimantan dengan ciri-ciri berbatang keras,warna kulit batang kecoklatan,daun berwarna hijau yang tidak terlalu lebar,sedangkan bentuk buah membulat kurang lebih sebesar jempol kaki orang dawasa dengan warna hijau tua jika belum matang dan jika sudah matang berwarna oranye atau kuning kemerahan.
Buah yang telah matang biasanya diambil lalu iris menjadi 2 atau 3 bagian yang selanjutnya di jemur hingga kering,setelah kering maka buah tadi langsung bisa di gunaka sebagai campuran masakan atau bisa di haluskan terlebih dahulu dengan di tumbuk.namun jika ingin di gunakan dalam waktu yang lama bisa di simpan didalam wadah Yeng kering dan bersih.
Namun karena semakin gencar nya pembukaan lahan perkebunan yang mana berimbas pada kerusakan hutan alam makan hal itu akan menyebabkan semakin berkurang nya habitat untuk tumbuhan ini. Perlu kesadaran bagi kita sebagai masyarakat untuk tetap melestarikan lingkungan alam disekitar kita,karna jika kita menjaga alam maka alam akan memberikan kebaikan untuk kita. 
Adapun salah satu manfaat buah Kandis untuk kesehatan adalah sebagai ramuan yang bisa membantu untuk mengurang rasa sakit pada area tubuh yang membengkak atau pada peradangan,hal ini sudah sangat sering di gunakan oleh masyarakat pedasaan khususnya walaupun secara ilmiah mungkin belum teruji.

No comments:

Post a Comment